Slogan PAN Adalah Amien Rais Dinilai Sudah Tak Berlaku

Merdeka. com – Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus mengatakan, PAN sudah tidak identik dengan Amien Rais . Slogan ‘PAN adalah Amien Rais’ telah tidak melekat lagi karena Amien Rais telah mengumumkan mendirikan Golongan Ummat.

“Sekarang ini tentu slogan itu sudah sampai dan tidak ada lagi. Amien adalah PAN dan PAN merupakan Amien itu sudah tidak valid lagi, sejak tokoh reformasi tersebut mendirikan partai Ummat, ” katanya kepada wartawan, Sabtu (3/10).

Amien Rais mendirikan Partai Ummat tentu berimplikasi terhadap PAN. Dia mengatakan, tujuan awal Amien mendirikan PAN sebagai pelopor reformasi dan terdepan penjaga kedaulatan kerabat tentu belum tuntas sampai bintik puncak.

“Dengan membentuk partai baru, tentunya pak Amien dengan sendirinya meninggalkan tujuan asal beliau saat mendirikan partai berlambang matahari putih yang dideklarasikan di tanggal 23 Agustus 1998 yaitu membawa PAN sebagai pelopor perombakan dan barisan terdepan penjaga kedaulatan bangsa tentu belum tuntas sampai ke titik puncak, ” ujarnya.

PAN tak terganggu dengan berdirinya partai Ummat. Guspardi menilai basis suaranya berbeda. Kelompok Ummat menyasar pemilih berbasis agamis, sementara PAN menyasar kalangan nasionalis.

“Antara partai Amien Rais dan PAN itu bertentangan. Kami dari PAN, segmennya bertentangan dengan konstituen Partai Umat. Intinya, PAN siap berlomba berfastabiqul khairat/mencari kebaikan, ” kata anggota Bayaran II DPR RI ini.

Guspardi menghargai sikap Amien yang mendirikan partai baru setelah keluar dari PAN. Setiap awak negara Indonesia berhak berserikat sebab dijamin oleh undang-undang.

“Siapa pun bisa mendirikan kelompok. Itu adalah hak politik serta bagian dari demokrasi. Kami menilai Pak Amien mendirikan partai dan mengucapkan selamat atas berdirinya golongan umat ini, ” pungkasnya. [fik]