Wagub DKI Sebut Banjir Ciganjur Akibat Turap Perumahan Roboh

Merdeka. com – Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria alias Ariza meninjau kedudukan longsor di Ciganjur, Jakarta Daksina. Ariza mengatakan penyebab longsor adalah robohnya turap perumahan sehingga menutupi aliran sungai.

“Ada pagar, turap, tanggul di utama perumahan di wilayah Jagakarsa dengan rubuh sehingga menutupi sungai kecil yang ada di Jagakarsa. Kelanjutan nya sungai tertutup, aliran minuman mengalir ke wilayah perumahan & menggenangi kurang lebih 300an panti, ” kata Ariza, Minggu (11/10).

Akibatnya, terdapat ratusan rumah tergenang dan tanah longgor menimpa empat rumah dan menggulung satu korban jiwa.

“Ada 4 rumah yang tertimpa pagar sehingga menyebabkan satu karakter wanita umur 42 meninggal seketika tadi malam. Kami sudah mendatangi, memberi bantuan, ” terangnya.

Selain itu, Ariza meminta jumlah pengungsi dan tinggi genangan telah menurun drastisz

“Tadi malam pengungsian ada 400 tadi tersisa 271. Genangan minuman yang tadinya mencapai 1, 5 meter sekarang kurang lebih status 30 cm. Ada beberapa sendi yang masih tergenang, jadi alhamdulillah sudah kita kendalikan dari kemarin malam, ” ucapnya.

Pemprov DKI, lanjut Ariza, meyakinkan telah memberikan bantuan logistik dan juga kesehatan.

“Bantuan kita berikan, makanan, minuman, obat kemudian masker. Semua kita menimbulkan tetap melaksanakan protokol covid supaya tidak terjadi klaster baru dalam wilayah pengungsian, ” tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat (Liputan6. com) [did]