PKB: Lebih dari Tiga Menteri yang akan Direshuffle

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Merdeka. com – Isu perombakan kabinet atau reshuffle terus menguat. Jumlah pos menteri yang bakal diganti pun menjadi teka teki. Wakil Ketua Ijmal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid meyakini Kepala Joko Widodo akan merombak kabinetnya. Dia menyebut, bertambah dari 3 menteri mau di reshuffle.

“Hemat saya, lebih sebab 3 menteri yang mau direshufle atau mutasi, perlu waktu nimbang nimbang, ” katanya lewat pesan singkat, Selasa (20/4).

Jazilul tidak mengungkapkan keyakinan reshuffle tersebut. Dia hanya bilang Jokowi merombak kabinetnya pada hari Rabu.

“Paling Rabu depan diumumkan, ” kata Wakil Ketua MPR ini.

Jazilul tidak membocorkan nama nama menteri yang di reshuffle atau tipu yang dipilih Jokowi buat mengisi pos kementerian. Namun, di antara nama-nama yang beredar di media sah akan dipilih Jokowi siap pembantunya.

“Saya belum ada bocoran. Namun, di antara nama nama yang hadir ke istana serta muncul di berbagai media, pastilah ada yang nyantol, ” tandasnya.

Sebelumnya, sejumlah nama disebut sebagai calon kuat Menteri Investasi. Saat ini, setidaknya ada tiga nama bahan kuat Menteri Investasi yaitu Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, anggota DPR RI Fraksi NasDem Rapsel Ali & tokoh Nahdlatul Ulama ( NU ) Witjaksono.

Pemimpin DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menyebut tiga nama itu memiliki keterampilan mumpuni di bidang investasi.

“Ketiganya memiliki kemampuan untuk ngurusi investasi. Bergantung dari Pak Jokowi merasa cocok dibantu sapa, ” kata Baidowi kepada wartawan, Selasa (20/4).

Awiek menjelaskan Bahlil mampu melakukan terobosan era di BKPM. Sementara Rapsel Ali berpengalaman di komisi ekonomi dan bekerjasama dengan pengusaha.

“Pak Bahlil sejauh ini menyelenggarakan BKPM juga telah membina terobosan dan harapan-harapan di investasi. Pak Rapsel jadi anggota Komisi VI yang juga bermitra dengan BKPM juga bagus dalam mendiskusikan investasi termasuk saat ini beliau memimpin tim MotoGP juga bagus khususnya mampu menggaet banyak pengusaha buat berpartisipasi, ” ujarnya.

Sementara Witjaksono, menurutnya merupakan ekonom yang pas handal. “Witjaksono merupakan ekonom dari kalangan Nahdliyin yang fokus pada persoalan nelayan yang mana Indonesia ini mayoritas terdiri dari bahar dan sumber daya bahari kita sangat melimpah. Ketiganya poinnya sama. Ada keunggulan dan kekurangan, ” tambahnya. [ray]