Penghuni Rumah Pergi Olahraga, Uang-Berlian Senilai Rp350 Juta Digasak Pencuri

Merdeka. com – Penjaga meringkus satu dibanding lima pelaku pencurian di rumah mewah yang ditinggal pemiliknya berolahraga. Kawanan ini membawa kabur sebesar barang mewah hingga berlian dengan total kerugian Rp350 juta.

Pelaku bernama Apendra (34) warga Jalan STM Mansyur, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Palembang. Sementara empat pelaku lain yang masih buron merupakan ARS, SJ, PRD, dan JJ.

Peristiwa itu terjadi di rumah milik korban, Tristina Yanti (46) di Jalan Merpati, Kelurahan Tugu Kecil, Kecamatan Prabumulih Timur, Prabumulih, Sumatera Selatan, Jumat (30/10) pukul 18. 00 WIB. Ketika itu, korban dan suaminya pergi untuk berolahraga.

Dua dari tiga pelaku mendalam ke dalam rumah dengan jalan merusak kunci pintu utama. Namun tiga lainnya menunggu di asing sambil melihat situasi.
Ke-2 pelaku naik ke lantai perut dan masuk ke kamar target. Di sana mereka mengambil kekayaan tunai sebesar Rp20 juta, jam tangan mewah diantaranya merek Tudor, Tissot, Aigber, Bonia, dan Casio.

Tak puas, pasukan ini mengambil cincin berhiaskan blue safir, dua cincin berlian, kalung berlian, uang dolar Singapura, Hongkong, China, dan Amerika. Satu bagian ponsel juga dibawa kabur para pelaku.

Begitu pulang, korban kaget menemukan kunci rumahnya sudah rusak dan semakin tegang lantaran barang-barang berharga milik mereka dicuri. Total kerugian korban sebanyak Rp350 juta.

Kapolres Prabumulih AKBP Siswandi mengungkapkan, bujang buahnya melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus ini. Akhirnya salah mulia pelaku diketahui berdomisili di Palembang dan akhirnya ditangkap, Jumat (6/11).

“Tersangka Apendra berusaha kabur dengan cara masuk ke rawa-rawa belakang rumah, tapi lulus ditangkap, ” ungkap Siswandi, Sabtu (7/11).

Setelah didesak, tersangka menunjukkan beberapa hasil curian yang kini menjadi barang keterangan, yakni ponsel dan jam tangan merek Casio. Barang-barang itu ialah diantara hasil pembagian mereka berlima.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 362 ayat (1) dan (2) KUHP tentang pencurian dengan ancaman lima tahun penjara. Sementara empat rekannya diimbau menyerahkan diri sebelum diberikan tindakan bahana oleh polisi .

“Identitas dan alamat buronan kami kantongi, sekarang sedang diburu. Mudah-mudahan cepat ditangkap, ” pungkasnya. [ray]