Erick Thohir Tegaskan Bersih-Bersih BUMN Tidak Didasari Rasa Suka Tak Kerap

Merdeka. com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan gebrakannya melakukan bersih-bersih BUMN sejak awal ditunjuk menjadi Menteri oleh Presiden Jokowi .

Tempat menjelaskan, pergantian direksi yang dikerjakan di masa kepemimpinannya tidak didasari rasa suka atau tidak kerap, namun menjadi bagian dari roadmap transformasi BUMN ke depannya. Bentuk yang kinerjanya sesuai dengan Key Performance Index (KPI) yang ditetapkan akan dipertahankan.

“Kalau di Kementerian sendiri, ya, jika mau transformasi besar-besaran, kementerian sendiri yang introspeksi diri, tidak mampu hanya menyalahi BUMN, ” ujarnya dalam video yang diunggah akun YouTube Karni Ilyas Club, Minggu (1/11).

Erick menetapkan, yang pihaknya lakukan ialah mengubah struktur yang overlapping. Di Departemen, birokrasi antara Menteri, Wakil Gajah, Sekretaris Menteri, diperbaiki. Di BUMNnya sendiri, direksi diganti, 12 klaster perusahaan pelat merah diawasi oleh Wakil Menteri. Jumlah BUMNnya pula diminimalkan.

Kendati, banyak pihak juga yang berasumsi bahwa ‘bersih-bersih’ BUMN ala Erick bersangkutan dengan orang-orang yang ditunjuk Menteri BUMN terdahulu, Rini Soemarni. Disebutkan, terdapat kesan bahwa ‘orang-orang Rini’ lah yang terkena ‘bersih-bersih’ dengan Erick lakukan.

Erick membantah hal itu. Menurutnya, sedang banyak ‘orang-orang Rini’ yang lestari menjabat di BUMN karena kinerjanya memang bagus dan patut dipertahankan.

“Contohnya Bu Nicke (Direktur Utama Pertamina) masih menjabat. Saya sih nggak lihat tersebut, tapi kalau roadmapnya, strategi transformasinya, dan disepakati KPI-nya, ya ustaz, ” katanya.

Erick bilang, penunjukkan posisi apapun pada BUMN merupakan amanah yang harus dilakukan dengan baik. “Kalau dasar kita harus melakukan dengan jalan, kenapa harus jalan di tempat? Itu saja niatnya, bismillah. Nggak ada pemikiran suka atau tidak suka, karena roadmap transformasi & KPI yang diharapkan, ” jelasnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6. com [azz]