BEM SI Bantah Tudingan Airlangga Tersedia Sponsor Demo: Sengaja Kita Diadu Domba

Merdeka. com – Koordinator Pusat Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Remy Hastian membantah, pernyataan Menteri Pemimpin Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terkait sponsor pembiayaan demo tolak UU Cipta Kerja. Menurut Remy, maklumat Airlangga mencederai hati dan sesuai mengadu domba.

“Kami merasa kecewa. Seakan penolakan di berbagai daerah hanya setting-an & ditunggangi orang tertentu. Sengaja sekadar kita diadu domba, ” tulis Remy Hastian, dalam siaran persnya, Sabtu (10/10).

Remy, menegaskan aksi yang berlangsung dalam 8 Oktober 2020 terjadi dengan natural, tidak ada aktor tertentu atau donatur. Dia meyakini, kegiatan hari itu terjadi lantaran hajat masyarakat tidak lagi diakomodasi secara baik oleh wakil rakyat serta pemerintah.

“Jadi kami tegaskan bahwa aksi nasional serta serentak di seluruh Indonesia rontok dari kepentingan dan tunggangan utama atau sebagian pihak, apalagi tuduhan bahwa ada kelompok yang mendanai berjalannya aksi BEM SI dalam berbagai wilayah di Indonesia, tercatat di Istana Merdeka, ” bahana dia.

Terkait lagak kerusuhan yang terjadi, seperti pelarutan sejumlah fasilitas umum, Remy menyebut pelaku bukanlah dari pihak BEM SI. Sebaliknya, Remy malah menyayangkan penanganan aparat keamanan yang dinilai represif terhadap demonstran.

“Kami Aliansi BEM Seluruh Nusantara menyatakan sikap mengecam tindakan represif aparat dalam melakukan pengamanan laku massa, ” kata Remy.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber: Liputan6. com [rhm]