Anies: Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Telah Terisi 65 Persen

Merdeka. com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan daya tampung ruang isolasi dan ruang ICU di Vila Sakit (RS) untuk pasien Covid-19 sudah terisi lebih dari 65 persen.

Anies membuktikan Pemprov DKI Jakarta telah menyimpan sekitar 4 ribuan tempat rebah isolasi dan ratusan tempat rebah di ruang ICU.

“Selama dua pekan terakhir, berlaku tren peningkatan ruang isolasi serta ICU di Jakarta. Dari 4. 456 peraduan isolasi, 65 upah sudah terisi, ” kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (13/8).

Sedangkan untuk 483 tempat tidur untuk ruang ICU sudah 67 persen terisi. Menurut Anies, angka tersebut bergerak pada satu bulan mencapai 40-50 upah pada Juli 2020.

Karena adanya peningkatan tersebut, bekas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan adat kesehatan yang telah ditetapkan. Yakni mulai dari mencuci tangan, mengindahkan masker, hingga menjaga jarak.

“Tenaga kesehatan saat ini merasakan beban yang tidak sederhana. Mari kita meringankan beban itu semua dengan bersama-sama menerapkan aturan kesehatan, ” ucapnya.

Sementara itu, kata Anies masa ini jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Jakarta bertambah sebanyak 621 kasus. Dengan penambahan tersebut total akumulasi kasus positif di DKI Jakarta menjadi 27. 863 orang.

“Adapun kasus Rajin di DKI Jakarta, atau pasien yang sedang menjalani perawatan di RS maupun isolasi mandiri, era ini bertambah 119, sehingga mutlak kasus aktif menjadi 9. 044 orang, ” ujar Anies.

Selain itu, mantan Gajah Pendidikan dan Kebudayaan juga membuktikan pasien yang dinyatakan sembuh bertambah 489 orang. Total kumulatif penderita sembuh mencapai 17. 838 karakter.

“Dengan kata lain, 64 persen dari kasus konfirmasi positif di DKI Jakarta sudah kembali beraktivitas. Adapun kasus terkonfirmasi positif yang meninggal dunia meningkat 13 orang, sehingga total menjadi 981 orang, ” jelasnya.

Reporter: Ika Defianti [gil]