143 Pelajar Depok Diamankan saat Mau Demo di DKI, Ngaku Diajak Lewat Medsos

Mandiri. com – Polres Metro Depok mengamankan ratusan pelajar yang hendak bergabung berhubungan pendemo tolak UU Cipta Kegiatan di Jakarta . Mereka diamankan ketika bergerombol berjalan kawasan Depok menuju Jakarta.

Para pelajar itu kendati didata dan diberi pengarahan dan kemudian dikembalikan pada orang tuanya masing-masing. “Satu hari kemarin total ada 143 pelajar yang awak amankan, ” kata Kasat Reskrim Polres Metro Depok, Kompol Wadi Sabani, Jumat (9/10).

Ratusan pelajar itu diamankan daripada berbagai titik di Depok. Aparat pun melakukan penyekatan dengan bahan mencegah pendemo dari luar Depok yang melintas dan hendak mengakar Jakarta. Ratusan pelajar yang diamankan itu merupakan pelajar tingkat SMP, SMA, dan SMK.

“Setiap rombongan ada yang 15, 14, 18, hingga 96 orang. Kalau ditotal ada 143 karakter, ” ungkapnya.

Pihaknya bahkan menemukan adanya dua pelajar wanita dari ratusan pelajar yang diamankan itu. Ketika ditanya, ternyata siswa itu sudah tidak lagi bersekolah. Namun dua wanita tersebut ikut bergabung dengan menggunakan sewarna sekolah.

“Ada perut wanita yang juga ikut. Ternyata mereka sudah tidak bersekolah namun memakai seragam sekolah, ” tukasnya.

Petugas tidak tidak menemukan barang-barang berbahaya dari para pelajar itu. Mereka diamankan sebab bisa berpotensi menimbulkan kericuhan pada lokasi unjuk rasa.

Pengakuan mereka, alasan ikut berpadu demo karena ada ajakan sejak pihak lain. Petugas pun medium mendalami siapa yang mengajak mereka melalui sosial media.

“Kami lakukan patroli siber untuk mencari akun yang menyebarluaskan undangan tersebut. Hasilnya nanti akan awak publish, ” pungkasnya. [eko]